7 Pemanis Alami Pengganti Gula yang Sehat, Cocok untuk Diet dan Penderita Diabetes

Jum'at, 11 Oktober 2024 - 18:00 WIB
loading...
7 Pemanis Alami Pengganti...
Pemanis alami pengganti gula yang sehat cocok untuk mereka yang sedang menjalani program diet atau penderita diabetes. Mengganti gula memberikan manfaat. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Pemanis alami pengganti gula yang sehat cocok untuk mereka yang sedang menjalani program diet atau penderita diabetes. Mengganti gula dengan pemanis alami tidak hanya membantu mengurangi asupan gula, tapi memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan.

Gula merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan dalam makanan dan minuman, namun konsumsi gula berlebih dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang diakibatkan oleh konsumsi gula berlebih meliputi obesitas, diabetes, dan masalah jantung.

Untuk mengurangi risiko tersebut, banyak orang mulai beralih ke pemanis alami sebagai pengganti gula. Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun lebih sehat, pemanis alami tetap harus digunakan dengan bijak dan tidak berlebihan.

Pilihlah pemanis yang sesuai dengan kebutuhan, baik untuk menjaga kadar gula darah, mengurangi kalori, atau menambah nutrisi pada makanan. Berikut daftar pemanis alami pengganti gula dilansir dari Health Line, Jumat (11/10/2024).

7 Pemanis Alami Pengganti Gula yang Sehat





1. Stevia


Stevia merupakan pemanis alami yang diekstrak dari daun tanaman Stevia rebaudiana. Stevia bebas kalori dan karbohidrat, sehingga cocok untuk mereka yang sedang menjalani program diet atau penderita diabetes. Stevia juga tidak meningkatkan kadar gula darah, membuatnya menjadi alternatif yang sangat populer bagi mereka yang menghindari gula.

2. Madu


Madu adalah salah satu pemanis alami paling populer yang digunakan sejak zaman dahulu. Madu mengandung vitamin, mineral, serta antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan. Meskipun mengandung lebih banyak kalori dibanding gula, madu memiliki rasa yang lebih manis, sehingga Anda bisa menggunakannya dalam jumlah lebih sedikit.

3. Sirup Maple


Sirup maple diekstrak dari getah pohon maple dan memiliki rasa manis yang khas. Sirup ini mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium, kalium, dan zat besi. Namun, penting untuk memilih sirup maple murni tanpa tambahan gula atau pemanis lainnya.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1283 seconds (0.1#10.140)